PEMERIKSAAN DAN PERAKITAN SISTEM STATER DORONG MOBIL



STATER DORONG DAN SEKRUP

(sumber gambar : buku prinsip dasar kelistrikan otomotif ) 
KETERANGAN :
  1. Kumparan penahan                                                     13. Terminal 30
  2. Kumparan penarik                                                      14. Kontak utama
  3. Pegas pengembalian                                                   15. Pegas pengembalian kontak
  4. Lengan pendorong                                                      16. Plat rumah penghubung kontak
  5. Pegas penghantar                                                        17. Rumah selenoid
  6. Rumah kopling                                                           18. Rumah komutator
  7. Plat rumah kopling                                                     19. Rumah sikat arang
  8. Roda gigi pinion                                                         20. Sikat arang
  9. Poros anker                                                                 21. Lamel komutator
  10. Ring pembatas                                                            22. Sepatu kutub magnet
  11. Sekrup ulir memanjang                                               23. Anker
  12. Ring penghantar                                                          24. Rumah motor stater (yoke)                                                                                                         25. Kumparan medan


* PEMERIKSAAN SISTEM STATER PADA MOBIL

ALAT : - Kontak alat (toolsbox)           BAHAN : - Mobil atau Engine stand
              - Multimeter                                               - Stater
              - Hidrometer                                               - Kabel penghubung
             
KESELAMATAN KERJA : 
              Jangan start mesin selama masih ada orang yang bekerja pada kopling selalu harus ditekan.

LANGKAH KERJA :
  1. Periksa kondisi baterai/aki hidrometer. Bila baterai masih terisi diatas 70 % maka normal
  2. Periksa hubungan pada klem - klem kabel baterai. Apabila kendor atau kotor segera perbaiki terlebih dahulu.
  3. Matikan sistem pengapian dengan melepas kabel pada terminal 1 (-) pada koil pengapian
  4. Ukur tegangan antara terminal baterai saat di start. Bila terukur diatas 10 V maka normal
  5. Ukur tegangan pada terminal ''50'' saat mesin di start. Bila kurang dari 10 V maka periksa rugi tegangan dari kunci kontak ke selenoid.
  6. Ukur tegangan terminal utama starter saat di start.
  7. Jika terjadi kerugian tegangan kurang lebih 0,5 V maka pengabelan sistem baik.
  8. Ukur rugi tegangan antara terminal positif baterai dengan terminal utama motor starter saat di start. Jika terukur lebih besar 0,5 V maka periksa hubungan dari baterai, solenoid dan starter.
  9. Ukur rugi tegangan antara terminal 30 dan terminal utama pada selenoid saat starter bekerja. Jika terukur tegangan lebih besar 0,25 V maka selenoid diganti atau perbaiki  
  10. Ukur rugi tegangan antara terminal negatif baterai dengan bodi stater saat di start. Jika terukur lenih dari 0,25 V maka perbaiki hubungan massa dari baterai ke bodi dan mesin.
  11. Dari analisa diatas simpulkan apakah ada kerusakan atau kelemahan pada stater.                                                                                         































Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL RUNNING TEXT

RESENSI BUKU ELEKTRONIKA DIGITAL

MENGENAL 7 SEGMENT